ENERGY INFRASTRUCTURE & TRANSPORTATIONS AGRIBUSINESS INDUSTRIES, TRADE & SERVICES TELECOMMUNICATION SPORT LIFESTYLE HOTEL AUTOMOTIF TOURISM FAMILY BOOK & CINEMA DINING OUT PROFIL COSMOPOLITAN WAWANCARA
ID Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 24 April 2014
Pencarian Arsip
Kunjungi kami di twitter facebook Google+

Peningkatan Daya Saing Tekan Defisit Transaksi Berjalan
Rabu, 20 Februari 2013 | 23:48

JAKARTA- Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan peningkatan daya saing secara nasional merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menekan defisit transaksi berjalan.

"Kami lihat pengendalian (transaksi berjalan) harus sifatnya lengkap dan tidak melalui cara-cara yang kontra produktif, jadi tentu daya saing harus kita perbaiki," ujarnya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu.

Menurut Agus, upaya lain yang dapat dilakukan untuk menekan defisit transaksi berjalan adalah dengan melakukan ekspor ke negara-negara non tradisional atau membuka pasar ekspor baru, serta memperbaiki kinerja neraca jasa.

"Neraca jasa harus diperhatikan karena investasi yang besar ke Indonesia, membuat adanya bentuk pengaliran keuntungan untuk orang asing yang kerja disini dalam jumlah besar. Kalau kita tambahkan dengan pembayaran kewajiban keluar, itu membuat tekanan," katanya.

Agus menjelaskan, upaya pemerintah tersebut akan disinergikan pada tingkat Kementerian Lembaga agar defisit transaksi berjalan pada akhir tahun 2013 tidak semakin melebar dan masih berada pada kisaran angka 3%.

"Kami akan jaga, supaya selalu di bawah 3%. Kemarin di kuartal empat cukup tinggi dan akibat setahunnya menjadi 2,7%," katanya. (gor/ant)


Google+


Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!




Close