ENERGY INFRASTRUCTURE & TRANSPORTATIONS AGRIBUSINESS INDUSTRIES, TRADE & SERVICES TELECOMMUNICATION SPORT LIFESTYLE HOTEL AUTOMOTIF TOURISM FAMILY BOOK & CINEMA DINING OUT PROFIL COSMOPOLITAN WAWANCARA
ID Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 19 April 2014
Pencarian Arsip
Kunjungi kami di twitter facebook Google+

Pemerintah Terbitkan SPMK Tol Cikampek-Palimanan
Jumat, 25 Januari 2013 | 15:36

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum mengungkapkan surat perintah mulai kerja (SPMK) tol Cikampek-Palimanan telah terbit. Dengan demikian, proses pembangunan jalan bebas hambatan sudah bisa dikonstruksi.

"Bahkan, investornya sudah mengungkapkan terima kasih," ujar Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto di Jakarta, Jumat (25/1).

Namun begitu, Menteri PU mengakui belum membaca SPMK tersebut dan akan segera mengeceknya. Dia akan memastikan bahwa konstruksi proyek itu sudah bisa dimulai. "Jangan tunggu harian atau mingguan, langsung kerjakan," kata dia.

Dengan keluarnya SPMK, proses pembangunan diperkirakan 2,5 tahun dan direncanakan mulai beroperasi pada Juli 2014. Pengoperasian jalan tol ini akan dilakukan oleh PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selama 35 tahun. Adapun porsi kepemilikan LMS adalah PT Plus Expressways Berhard (55 persen) dan PT Baskhara Utama Sedaya (45 persen).

Pembangunan jalan tol Cikampek-Palimanan terdiri atas enam seksi, yakni seksi I Cikopo-Kalijati sepanjang 29,12 kilometer (km), seksi II Kalijati-Subang sepanjang 9,56 km, seksi III Subang-Cikedung sepanjang 31,37 km.

Kemudian dilanjutkan seksi IV Cikedung-Kertajati 17,66 km, seksi V Kertajati-Sumberjaya 14,51 km, dan seksi VI Sumberjaya-Palimanan 14,53 km.

Pembiayaan konstruksi jalan tol ini diperkirakan mencapai Rp12,6 triliun. Adapun sindikasi perbankan yang telah didapat sebesar Rp7,1 triliun yang berasal dari BCA, Bank DKI, Bank Panin, Bank Jabar Banten, dan ICBC.  (Investor Daily/Eko)


Google+


Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!




Close