ENERGY INFRASTRUCTURE & TRANSPORTATIONS AGRIBUSINESS INDUSTRIES, TRADE & SERVICES TELECOMMUNICATION SPORT LIFESTYLE HOTEL AUTOMOTIF TOURISM FAMILY BOOK & CINEMA DINING OUT PROFIL COSMOPOLITAN WAWANCARA
ID Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 25 Juli 2014
Pencarian Arsip
Kunjungi kami di twitter facebook Google+

XL Berikan Bantuan Komputer untuk Sekolah Alternatif
Kamis, 29 November 2012 | 9:36

Dari kiri ke kanan, Direktur Mocoplus Technology Andy Doho, Psikolog Sonia Wibisono, VP Digital Services PT XL Axiata Tbk Joedi Wisoeda, model, Direktur Technology, Content & New Business XL Dian Siswarini, dan GM Content & Application Revie Sylviana saat peluncuran layanan VAS Social Dating – Panah Cinta di Jakarta, Rabu (28/11). XL bekerja sama dengan Mocoplus Technology, meluncurkan layanan “Panah Cinta” sebagai layanan social dating pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan teknologi mobile. Foto: Investor Daily/GAGARIN Dari kiri ke kanan, Direktur Mocoplus Technology Andy Doho, Psikolog Sonia Wibisono, VP Digital Services PT XL Axiata Tbk Joedi Wisoeda, model, Direktur Technology, Content & New Business XL Dian Siswarini, dan GM Content & Application Revie Sylviana saat peluncuran layanan VAS Social Dating – Panah Cinta di Jakarta, Rabu (28/11). XL bekerja sama dengan Mocoplus Technology, meluncurkan layanan “Panah Cinta” sebagai layanan social dating pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan teknologi mobile. Foto: Investor Daily/GAGARIN

MATARAM-PT XL Axiata (Tbk) memberikan bantuan komputer untuk membantu mengembangkan dan memajukan sekolah interaktif yang tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Corporate Communication XL East Region Putro Pamungkas, di Mataram, Rabu  (28/11), mengatakan, kemajuan era informasi, komunikasi dan teknologi (ICT) sangat berkembang pesat saat ini, namun keberadaan infrastruktur ICT dinilai sangat mahal.

"Hanya 30 persen dari 293.419 sekolah di Indonesia, yang memiliki fasilitas laboratorium computer. Oleh karena itu, XL berinisiatif untuk menyosialisasikan ICT melalui Program KUSI (Komputer Untuk Sekolah Interaktif) ke area yang lebih kecil, khususnya yang belum begitu mengenal ICT itu sendiri," katanya.

Ia menjelaskan, Program KUSI merupakan program persembahan XL dan sebagai bentuk komitmen dalam menyalurkan dana "Corporate Social Responsibility" (CSR) di bidang pendidikan.

Tujuan program tersebut adalah menyediakan fasilitas yang dinilai cukup untuk membantu mengembangkan dan memajukan kualitas sekolah dalam menghadapi era ICT saat ini.

"Awalnya bernama KUS (Komputer Untuk Sekolah) saja. Namun, seiring berkembangnya kebutuhan, XL memajukan program dengan nama KUSI, di mana XL tidak hanya memberikan bantuan berupa fasilitas teknologi, namun juga XL berinteraksi dengan pihak sekolah yang dikunjungi," ujarnya.

Ia mengatakan, sekolah di wilayah Pulau Sumbawa, NTB, yang memperoleh bantuan komputer adalah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Bima, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Buer, Kabupaten Sumbawa dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat.

PT XL Axiata (Tbk) juga memberikan bantuan komputer kepada tiga sekolah menengah pertama (SMP) di Pulau Sumbawa, adalah SMPN 2 Kota Bima, SMPN 4 Kota Bima dan SMPN 6 Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat.

Masing-masing sekolah mendapatkan tiga unit komputer, satu unit modem dan kartu perdana XL dengan paket internet kuota 1,5 giga byte (GB) per bulan dan bisa dipakai selama dua bulan.

Penyerahan bantuan komputer tersebut dilakukan di Kantor XL area Mataram.

"Pemilihan sekolah yang menerima bantuan dilakukan melewati proses seleksi. Dari 50 lebih sekolah yang ada di Sumbawa dan Bima, hanya enam sekolah yang dipilih oleh XL untuk menjadi target pelaksanan program KUSI," ujarnya.

Melalui program KUSI, kata Putro, diharapkan sekolah mampu berkembang lebih baik dan tidak kalah oleh zaman, serta dapat memajukan kualitas guru dan siswa dalam mengembangkan ilmunya melalui fasilitas yang diberikan oleh XL.

Para siswa dan guru juga diharapkan dapat menggunakan internet sehat secara profesional agar sekolah dapat maju dan mampu mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas.

Ia mengatakan, pihaknya juga mengajarkan kepada sejumlah guru sekolah yang memperoleh bantuan mengenai Program KUSI dan Program Sistem Informasi Sekolah Terpadu (Sifoster) yang bisa memberikan informasi tentang absensi, nilai, program sekolah, jadwal ujian, pengumuman sekolah dan semua informasi lainnya yang bisa disampaikan melalui pesan singkat telepon selular (SMS) ke semua siswa dan orangtua siswa.

Melalui Program Sifoster akan memudahkan orangtua dalam memonitor pendidikan anaknya.

"Program ini diberikan gratis kepada sekolah yang berminat dan bersepakat dengan XL," ujarnya.(ant/hrb)


Google+


Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!