ENERGY INFRASTRUCTURE & TRANSPORTATIONS AGRIBUSINESS INDUSTRIES, TRADE & SERVICES TELECOMMUNICATION SPORT LIFESTYLE HOTEL AUTOMOTIF TOURISM FAMILY BOOK & CINEMA DINING OUT PROFIL COSMOPOLITAN WAWANCARA
ID Logo
Selamat datang Tamu   |   
Selasa, 29 Juli 2014
Pencarian Arsip
Kunjungi kami di twitter facebook Google+

Wings Air Desember Buka Penerbangan di Kotabaru
Senin, 28 November 2011 | 14:29

KOTABARU- Maskapai penerbangan Wings Air (Lion Air Group) mulai Desember 2011 akan memulai penerbangannya di Bandara Gusti Syamsir Alam Stagen, Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Kepala Bandara Gusti Syamsir Alam Stagen Kotabaru Junikar Pakondo, Senin  (28/11), mengatakan, mudah-mudahan tidak ada Desember nanti Wings Air mulai beroperasi di Kotabaru.

"Keinginan membuka penerbangan di Kotabaru, sebenarnya sudah sejak Juni, namun karena ada sesuatu hal, rencana tersebut ditundah, dan mudah-mudahan Desember sudah mulai," jelas Junikar.

Sebelum Wings beroperasi, lanjut Junikar, sarana dan prasarana di bandara perlu ada perbaikan/peningkatan, misalkan, lapisan landasan pacu.

Mingingat landasan pacu yang ada saat ini dibangun pada 2003, dikhawatirkan ada matrial landasan yang lepas dan masuk ke mesin, atau menyebabkan ban pesawat rusak.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan M Riduan yang didampingi Kabid Perhubungan Udara H Paiman, mengatakan, rencananya, maskapai tersebut mengoperasikan pesawat jenis ATR-72 dengan kapasitas tempat duduk 72 seat lebih.

Setelah melakukan uji daya dukung landasan pacu Bandara Gusti Syamsir Alam Stagen, maskapai memutuskan untuk segera beroperasi melayani penumpang reguler.

Rencananya pesawat Wings Air itu akan membuka penerbangan Balikpapan, Sulawesi, Kotabaru dan Banjarmasin (PP).

Menurut dia, dengan beroperasinya Wings Air di Kotabaru, diharapkan harga tiket akan lebih murah dibandingkan dengan yang lainnya dan penumpang banyak mendapatkan kemudahan.

Misalkan, penumpang yang hendak melanjutkan penerbangannya ke daerah lain, misalnya ke Jakarta, Surabaya atau yang lainnya dengan menggunakan pesawat Lion Air hanya cukup transit, karena Wings Air satu group dengan Lion Air.

Sementara itu, maskapai penerbangan Susi Air awal April membuka penerbangan di Bandara Gusti Syamsir Alam, Stagen.

Adapun pesawat yang dioperasikan di bandara Stagen tersebut jenis Cessna Caravan C208 dengan kapasitas 12 seat atau tempat duduk.

Tahap awal, kata Paiman, pesawat Susi Air membuka penerbangan untuk rute Balikpapan-Kotabaru setiap hari pada sore hari. Khusus pada Minggu, penerbangan Balikpapan dibuka pagi hari.

Sedangkan untuk penerbangan rute Kotabaru-Banjarmasin, dibuka Minggu sore. Pesawat Susi Air merupakan penerbangan reguler yang melayani penumpang Kotabaru-Balikpapan pulang pergi.(ant/hrb)


Google+


Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!