ENERGY INFRASTRUCTURE & TRANSPORTATIONS AGRIBUSINESS INDUSTRIES, TRADE & SERVICES TELECOMMUNICATION SPORT LIFESTYLE HOTEL AUTOMOTIF TOURISM FAMILY BOOK & CINEMA DINING OUT PROFIL COSMOPOLITAN WAWANCARA
ID Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 17 April 2014
Pencarian Arsip
Kunjungi kami di twitter facebook Google+

Waskita Akan Tingkatkan Kapasitas Pabrik Beton Capai 800.000 Ton
Jumat, 19 April 2013 | 9:43

JAKARTA - PT Waskita Karya Tbk (Waskita) akan meningkatkan kapasitas produksi pabrik beton (precast) menjadi sekitar 800.000 ton tahun 2016, melonjak dari saat ini yang baru mencapai sekitar 350.000 ton.

"Peningkatan kapasitas produksi precast untuk memenuhi kebutuhan beton pada proyek-proyek perusahaaan," kata Dirut Waskita M Choliq, usai Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Rabu.

Menurut Choliq, tiga lokasi proyek pembangunan pabrik precast berlokasi di Sadang, Cibitung, dan Pasuruan. "Pabrik di Cibitung sudah mulai dibangun, sedangkan proyek di Pasuruan dan Sadang sedang dalam proses pembebasan lahan," kata Choliq.

Pabrik itu nantinya akan memproduksi tiang pancang, balok girder, dan beton lantai. Produksi beton tersebut digunakan untuk material pembangunan proyek Waskita, seperti pengerjaan jalan tol Gempol-Pasuruan.

Sebelumnya proyek yang sudah menggunakan precast Waskita adalah pengerjaan jalan tol Tanjung Benoa-Nusa Dua, Bali.

Dengan peningkatan kapasitas produksi beton Waskita tersebut, perseroan diharapkan mampu menghemat biaya operasi 10-15 persen.

Selama ini, Waskita sangat tergantung pada perusahaan kompetitor seperti Adhimix, Betonindo, dan Wika Beton. "Ini alasan kami untuk mengembangkan pabrik beton sendiri," tegas Choliq.

Menurut dia, total investasi yang disiapkan Waskita untuk pembangunan pabrik Sadang, dan Pasuruan mencapai sekitar Rp 150.000 miliar.

Adapun sumber pembiayaan investasi sebesar 40 persen diperoleh dari dana hasil penawaran saham perdana kepada publik (IPO), dan selebihnya dari kas internal perusahaan.

Ia menambahkan, selama ini kontribusi bisnis precast terhadap total pendapatan Waskita masih relatif kecil atau kurang dari 8 persen. "Kita harapkan mulai tahun depan diharapkan kontribusinya bisa mencapai sekitar 10 persen," ujarnya. (Investor Daily/tk/ant)


Google+


Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!




Close