ENERGY INFRASTRUCTURE & TRANSPORTATIONS AGRIBUSINESS INDUSTRIES, TRADE & SERVICES TELECOMMUNICATION SPORT LIFESTYLE HOTEL AUTOMOTIF TOURISM FAMILY BOOK & CINEMA DINING OUT PROFIL COSMOPOLITAN WAWANCARA
ID Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 24 April 2014
Pencarian Arsip
Kunjungi kami di twitter facebook Google+

Rupiah Awal Pekan Melemah 7 Poin
Senin, 16 Juli 2012 | 10:02

JAKARTA-Mata uang rupiah terhadap dolar AS melanjutkan pelemahan sebesar tujuh poin pada awal pekan pagi menyusul penurunan peringkat Italia sehingga menimbulkan keraguan menanggulangi krisis utang.

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksi antarbank di Jakarta Senin pagi (16/7) bergerak melemah tujuh poin menjadi Rp9.477,00 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.470,00 per dolar AS.

"Downgrade Italia masih menyisakan keraguan atas kemampuan pemerintah dalam menanggulangi krisis utang, dan kondisi di Eropa masih menjadi sentimen negatif di pasar uang," kata pengamat pasar Monex Investindo Futures Johanes Ginting di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan bahwa Moody's memangkas utang Italia sebanyak dua tingkat menjadi "Baa2" pada hari akhir pekan lalu menyusul munculnya keraguan terhadap pemerintah Italia mengimplementasikan reformasi.

Meski demikian, kata dia, dengan nilai tukar rupiah yang telah merosot terhadap dolar AS dalam beberapa hari terakhir, selalu ada potensi untuk terjadinya penguatan.

Analis Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih menambahkan, BI memutuskan merevisi target pertumbuhan ekonomi menjadi 6,1--6,5 persen dari sebelumnya 6,3--6,7 persen.

"Revisi turun itu terkait dengan pelemahan ekonomi global yang lebih besar dari perkiraan," kata dia.

Bank Dunia, lanjut dia, memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh enam persen pada tahun 2012, sedangkan proyeksi lembaga Dana Moneter Internasional (IMF) untuk Indonesia di 6,2 persen.

"Kondisi itu masih membuat rupiah dalam tren pelemahan terhadap dolar AS," kata dia.(ant/hrb)


Google+


Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!




7:25pm | Trafik Telkomsel Naik Saat Pem...
ya saya sangat setuju bahwa media sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat saat ini. dengan adanya media seperti fasilitas internet yang dapat diakses salah satunya oleh provider telkomsel memudahkan masyarakat untuk mendapatkan ...

3:30am | KPK Tetapkan Ketua BPK Sebagai...
Ayo dukung perjuangan kami, korban investasi PT. Exist Assetindo di www.facebook.com/korban.exist

Close