ENERGY INFRASTRUCTURE & TRANSPORTATIONS AGRIBUSINESS INDUSTRIES, TRADE & SERVICES TELECOMMUNICATION SPORT LIFESTYLE HOTEL AUTOMOTIF TOURISM FAMILY BOOK & CINEMA DINING OUT PROFIL COSMOPOLITAN WAWANCARA
ID Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 19 April 2014
Pencarian Arsip
Kunjungi kami di twitter facebook Google+

PTKA akan Buka Kembali Jalur Bandung-Kadipaten
Jumat, 16 November 2012 | 6:49

JAKARTA- PT Kereta api Indonesia (PTKA) akan membuka kembali jalur Bandung-Rancaekek-Tanjungsari-Kadipaten, untuk mendukung program transportasi massal.

"Jalur tersebut sangat memungkinkan dibuka kembali, untuk mendukung program transportasi massal di jalur tengah, apalagi punya sejarah dan masuk road map pengembangan kereta api pada zaman Belanda," kata Kepala Humas PTKA Daop II Bandung Bambang Setya Prayitno di Bandung, Kamis.

Menurut dia, jalur Bandung-Rancaekek-Tanjungsari sempat beroperasi, hanya saja relnya diangkut pada massa pendudukan Jepang. Oleh karena itu, berdasarkan penelurusan masa tersebut, rencananya akan dibangun kembali jalur rel ke Kadipaten.

Ia mengatakan PTKA rencananya akan mengaktifkan kembali jalur Rancaekek-Tanjungsari dalam rangka mengatasi kemacetan dan masalah transportasi di Bandung Raya. Jalur itu juga menurut Bambang kemungkinan bisa menjadi jalur untuk bisa diteruskan hingga ke jalur Kadipaten.

"Jika pada masa Belanda ada rencana itu, artinya ada lahan yang sudah disiapkan, dan melihat kondisi jalurnya sangat memungkinkan dibangun jalur rel di jalur itu," kata Bambang.

Selain itu, kata Bambang bisa sinergi dengan jalur Tim Cisumdawu yang juga akan dibangun melintasi ke jalur lintas Sumedang. "Jalur itu sudah ada sejarahnya, dan sejarahnya memang awalnya untuk jalur KA. Tidak ada salahnya disinergikan dengan jalur KA di masa depan," kata Bambang.

Terkait kapan pengoperasikan dan revitalisasi jalur Rancaekek - Tanjungsari, kata Bambang masih dalam pembahasan. Sejauh ini sebagian lahanya masih belum dibebaskan dan jalur relnya tidak ada lagi.

"Tapi itu sudah pasti dan akan menjadi jalur transportasi massal Bandung Raya, rencananya akan dilayani kereta jenis rel disel elektronik atau (KRDE)," katanya. (ant/gor)


Google+


Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!




Close