ENERGY INFRASTRUCTURE & TRANSPORTATIONS AGRIBUSINESS INDUSTRIES, TRADE & SERVICES TELECOMMUNICATION SPORT LIFESTYLE HOTEL AUTOMOTIF TOURISM FAMILY BOOK & CINEMA DINING OUT PROFIL COSMOPOLITAN WAWANCARA
ID Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 25 Juli 2014
Pencarian Arsip
Kunjungi kami di twitter facebook Google+

Pengamanan Fokus Jaga Selat Malaka
Rabu, 5 Desember 2012 | 12:58

SURABAYA-Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono menyatakan pengamanan sampai saat ini fokus menjaga Selat Malaka dari berbagai gangguan yang mengancam, baik perompak atau pembajakan, teroris, dan lainnya.

"Selat Malaka itu atensi pengamanan para prajurit, khususnya TNI Angkatan Laut (AL). Hal ini karena Selat Malaka adalah kawasan penting," ujarnya di sela Upacara Peringatan HUT ke-67 Armada RI di Pangkalan Komando Armada Timur, Tanjung Perak, Surabaya, Rabu (5/12).

Ia menilai, alasan pengamanan Selat Malaka merupakan lalu lalang lebih dari 64 ribu kapal pengangkut komoditi, khususnya barang pertambangan pada tiap tahunnya.

Selain itu, sepertiga perdagangan dunia juga dipastikan melewati selat yang menghubungkan beberapa negara, seperti Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand itu.

Agus Suhartono juga menyampaikan, tahun depan pihaknya sudah menyiapkan pengembangan dan perbaruan alat utama sistem senjata (alutsista). Hal ini dilakukan untuk membangun kapasitas dan kapabilitas secara nasional dan menjaga konsistensi kekuatan pertahanan bangsa.

"Karena itu saya berharap pembangunan dan pengembangan ini harus selalu diawasi dan diikuti. Selanjutnya, hindari segala bentuk penyimpangan, sehingga anggaran yang dikeluarkan dapat dipertanggungjawabkan," kata mantan KSAL tersebut.

Peringatan Hari Armada RI kali ini dihadiri Pangarmatim Laksamana Muda TNI Agung Pramono, Pangarmabar Laksamana TNI Sadiman, para Pangkotama TNI AL, sejumlah mantan Panglima Armada RI dan mantan KSAL. Hadir juga Kapolda Jatim Irjen Pol Hadiatmoko, Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Murdjito, serta Sekdaprov Jatim Rasiyo.

Dalam upacara tersebut, bertindak sebagai komandan upacara yakni Laksamana pertama TNI Siwi Sukma Ajdi yang sehari-harinya menjabat Komandan Gugus Keamanan Laut Koarmatim. Total sekitar 2.400 personel mengikuti upacara dan melakukan defile, disertai pameran alat perang TNI.

Agenda peringatan HUT Armada RI turut dimeriahkan pertunjukan kolosal Pendaratan Pasukan-M guna mendukung perjuangan I Gusti Ngurah Rai di Bali dalam melaksanakan Puputan Margarana.

Pasukan-M pimpinan Markadi merupakan gerilyawan pendukung Kemerdekaan RI yang diutus Mabes Umum Tentara Kedamanan Rakyat (TKR) untuk membantu rakyat Bali atas pendudukan tentara Belanda.

Sementara itu, sebelum puncak Upacara HUT Armada, digelar juga berbagai kegiatan sosial, seperti pembersihan Sungai Kalimas dengan melibatkan semua unsur dari Prajurit TNI.

Ada juga kegiatan bedah beberapa rumah kumuh, pameran Alutsista, parade kesenian, pemecahan Rekor MURI Indonesia berupa memasak nasi goreng melibatkan 1.762 juru masak awak KRI dan Prajurit TNI AL. (ant/hrb)


Google+


Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!