ENERGY INFRASTRUCTURE & TRANSPORTATIONS AGRIBUSINESS INDUSTRIES, TRADE & SERVICES TELECOMMUNICATION SPORT LIFESTYLE HOTEL AUTOMOTIF TOURISM FAMILY BOOK & CINEMA DINING OUT PROFIL COSMOPOLITAN WAWANCARA
ID Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 23 Juli 2014
Pencarian Arsip
Kunjungi kami di twitter facebook Google+

Otmil Terima Pelimpahan Berkas Penyerangan Cebongan
Kamis, 23 Mei 2013 | 7:34

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Widodo Raharjo (kanan), didampingi Danpomdam IV/Diponegoro Kolonel CPM Sudirman (tengah), dan Dandenpom IV/5 Semarang Letkol CPM Tri Wahyuningsih (kiri), saat memberikan keterangan pers tentang perkembangan pemeriksaan kasus penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan Sleman kepada para wartawan, di Markas Denpom IV/5 Semarang, Jateng, Selasa (21/5). Kapendam menyatakan setelah sekitar 40 hari pemeriksaan, jumlah tersangka dalam kasus tersebut menjadi 12 orang dan seluruh berkas pemeriksaan telah selesai serta siap dilimpahkan ke Oditur Militer II-11 Yogyakarta. Foto: Investor Daily/ant Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Widodo Raharjo (kanan), didampingi Danpomdam IV/Diponegoro Kolonel CPM Sudirman (tengah), dan Dandenpom IV/5 Semarang Letkol CPM Tri Wahyuningsih (kiri), saat memberikan keterangan pers tentang perkembangan pemeriksaan kasus penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan Sleman kepada para wartawan, di Markas Denpom IV/5 Semarang, Jateng, Selasa (21/5). Kapendam menyatakan setelah sekitar 40 hari pemeriksaan, jumlah tersangka dalam kasus tersebut menjadi 12 orang dan seluruh berkas pemeriksaan telah selesai serta siap dilimpahkan ke Oditur Militer II-11 Yogyakarta. Foto: Investor Daily/ant

YOGYAKARTA-Oditur Militer II-11 Yogyakarta, Rabu (22/5), menerima secara resmi pelimpahan berkas dan barang bukti pada kasus penyerangan Lapas Cebongan yang mengakibatkan empat tahanan meninggal dunia.

Berkas perkara dan barang bukti yang di antaranya terdiri dari dua unit mobil tersebut diterima secara langsung oleh Kepala Oditur Militer II-11 Yogyakarta Letkol Sus Budiharjo.

"Kami baru saja menerima pelimpahan barang bukti dan berkas para tersangka. Setelah ini, akan dipelajari terlebih dulu," kata Letkol Sus Budiharjo seperti dikutip Antara.

Namun demikian, pihak Otmil tidak dapat memastikan batasan waktu untuk melimpahkan kasus tersebut ke pengadilan. "Silahkan saja dikawal setiap tahapnya," lanjutnya.

Penyerahan berkas dan surat dakwaan ke pengadilan akan dilakukan setelah seluruh syart formil dan materiil perkara terpenuhi. "Kami akan membuat saran dan pendapat hukum ke Perwira Penyerah Perkara (Papera). Jika dinyatakan lengkap, akan dilimpahkan ke Pengadilan Militer," katanya.

Selain dua unit mobil dengan nomor polisi masing-masing AA 9943 AA dan B 8446 XJ yang menjadi barang bukti, juga diserahkan pula berbagai barang bukti lainnya seperti tiga senjata laras panjang AK47 buatan Rusia, dua replika senjata api laras panjang AK 47 jenis Airsoft Electric Gun (AEG), satu pucuk replika senjata api genggam jenis pistol tipe Sig Sauer serta pecahan kaca CCTV.

Meskipun seluruh barang bukti dan berkas perkara sudah dilimpahkan ke Oditur Militer di Yogyakarta, namun 12 tersangka pelaku penyerangan Lapas Cebongan masih ditahan di Markas Detasemen POM Semarang karena baru akan dibawa ke Yogyakarta menjelang persidangan.

Keduabelas tersangka yang telah ditetapkan dalam kasus penyerangan Lapas Cebongan pada 23 Maret pukul 00.15 WIB , yaitu Serda US, Sertu S, Sertu TJ, Sertu AR, Serda SS, Sertu MRPB, Sertu HS, Serda IS, Koptu K, Serma R, Serma MZ dan Serka S.(*/hrb)


Google+


Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!