ENERGY INFRASTRUCTURE & TRANSPORTATIONS AGRIBUSINESS INDUSTRIES, TRADE & SERVICES TELECOMMUNICATION SPORT LIFESTYLE HOTEL AUTOMOTIF TOURISM FAMILY BOOK & CINEMA DINING OUT PROFIL COSMOPOLITAN WAWANCARA
ID Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 26 Juli 2014
Pencarian Arsip
Kunjungi kami di twitter facebook Google+

Mendag Proyeksikan Ratio Ekspor 30% dari PDB
Kamis, 16 Februari 2012 | 20:54

MAKASSAR - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan memproyeksikan nilai ratio ekspor periode 2012 akan mencapai 30 persen dari total Pendapatan Domestik Bruto (PDB).

"Kita belum tahu ekuilibriumnya itu di mana, namun ke depan akan meningkatkan dari angka 26 persen (nilai ekspor dari PDB 2011)," kata Gita di sela kunjungan kerjanya di Makassar, Kamis.

Menurut dia, ke depan akan ditelaah apakah angka tersebut terlalu tinggi atau rendah. Namun angka 26 persen ratio ekspor dari PDB itu telah menyelamatkan negara ini dari "shock" ketika tujuan ekspor yakni negara Eropa dan Amerika mengalami krisis ekonomi.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, pihaknya optimistis dapat meningkatkan angka 26 persen, namun perlu diikuti dengan policy (kebijakan). "Dengan peningkatan ekspor kita, diharapkan bukan karena peningkatan volume, tapi karena nilai tambahnya," katanya.

Dengan demikian, kata Gita, pihaknya akan mencoba pada angka ratio ekspor 30 - 35 persen atau lebih tinggi dari capaian sebelumnya 26 persen.

Mengenai PDB Indonesia pada 2012, dia mengatakan, diproyeksikan 1 triliun dolar AS dan pada periode 2020 ditargetkan mencapai 2,5 triliun dolar AS.

Untuk mencapai hal tersebut, lanjut dia, harus disikapi dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan diikuti dengan kebijakan ekonomi yang mendukung terciptanya iklim usaha yang kondusif misalnya sikap fiskal dan insentif pajak. (tk/ant)


Google+


Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!