ENERGY INFRASTRUCTURE & TRANSPORTATIONS AGRIBUSINESS INDUSTRIES, TRADE & SERVICES TELECOMMUNICATION SPORT LIFESTYLE HOTEL AUTOMOTIF TOURISM FAMILY BOOK & CINEMA DINING OUT PROFIL COSMOPOLITAN WAWANCARA
ID Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 19 April 2014
Pencarian Arsip
Kunjungi kami di twitter facebook Google+

Kemenkop Bidik 500 Wirausaha Pemula Komunitas Strategis
Kamis, 10 Januari 2013 | 10:42

JAKARTA-Kementerian Koperasi dan UKM membidik 500 calon wirausaha pemula dari berbagai komunitas strategis yang ingin memulai usaha baru secara mandiri sebagai salah satu upaya untuk mendorong lahirnya lebih banyak wirausaha baru di Indonesia.

"Dalam tiga bulan ini, kami berharap bisa menjaring 500 calon wirausaha pemula dari komunitas strategis," kata Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Koperasi dan UKM, Prakoso Budi Susetyo, di Jakarta, Rabu (9/1).

Ia mengatakan, 500 calon wirausaha pemula itu akan dibekali modal usaha maksimal Rp25 juta perorang sebagai "seed capital" yang diharapkan bisa membantu biaya operasional mereka ketika memulai usaha.

Untuk itu, ia mengundang, masyarakat dari komunitas strategis apapun untuk turut serta berkompetisi mengirimkan business plan terbaik sebagai modal awal menjadi calon wirausaha pemula.

"Proposal bisnis akan diseleksi dan yang paling prospektif serta aplikatif akan kami beri bantuan seed capital agar penulisnya bisa memulai usahanya," katanya.

Persyaratan seleksi dan tata cara mengikuti kompetisi dapat diakses secara online di website www.spiritgkn.go.id.

Sebelumnya, pihaknya menyosialisasikan kompetisi serupa yang dikhususkan bagi mahasiswa di Indonesia.

Ia berharap bisa menjaring 1.000 business plan terbaik dari kalangan mahasiswa.

Pihaknya berencana mendatangi 85 perguruan tinggi di Jabodetabek dan Jabar untuk menyosialisasi acara GKN 2013 termasuk menjaring peserta kompetisi perencanaan bisnis.

Kompetisi itu merupakan rangkaian kegiatan dalam program peringatan tahun ketiga Gerakan Kewirausahaan Nasional yang acara puncaknya akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 18 Maret 2013.

Rencananya pada puncak acara peringatan GKN 2013 itu, pihaknya sebagai panitia penyelenggara akan menghadirkan wirusahawan muda berprestasi kelas dunia seperti pendiri jejaring sosial Facebook, Mark Zuckenberg, dan pendiri Microsoft, Bill Gates, yang akan membagi pengalaman seputar karier hingga mencapai kesuksesan seperti saat ini.

Prakoso menegaskan, sosialisasi Gerakan Kewirausahaan Nasional terutama disasarkan ke perguruan tinggi dan komunitas strategis, sebagai salah satu upaya untuk mengubah pola pikir mahasiswa dan masyarakat agar tidak selalu sibuk mencari pekerjaan tetapi sibuk menciptakan lapangan kerja bagi orang lain.

Apalagi saat ini, Indonesia masih membutuhkan sekitar 1 juta wirausahawan baru untuk mencapai rasio pengusaha 2 persen dari jumlah penduduk.

Persentase ini diakui secara internasional mampu mendukung sistem perekonomian suatu negara dengan lebih baik.(ant/hrb)


Google+


Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!




Close