ENERGY INFRASTRUCTURE & TRANSPORTATIONS AGRIBUSINESS INDUSTRIES, TRADE & SERVICES TELECOMMUNICATION SPORT LIFESTYLE HOTEL AUTOMOTIF TOURISM FAMILY BOOK & CINEMA DINING OUT PROFIL COSMOPOLITAN WAWANCARA
ID Logo
Selamat datang Tamu   |   
Minggu, 20 April 2014
Pencarian Arsip
Kunjungi kami di twitter facebook Google+

Aturan Niaga Hortikultura Ditargetkan Terbit Tahun Ini
Jumat, 18 November 2011 | 17:15

JAKARTA - Pemerintah menargetkan peraturan tentang tata niaga produk hortikultura, yang merupakan amanat dari Undang-Undang No 13/2010 tentang Hortikultura, sudah terbit tahun ini.

"Kami sedang membahasnya. Targetnya dalam tahun inilah (2011) sudah keluar," kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Deddy Saleh di kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, Jumat.

Menurut dia, aturan yang akan diterbitkan antara lain mengenai produk segar hortikultura impor tertentu, penetapan pintu masuk impor, dan penetapan standar mutu dan keamanan. Selain itu, tata cara penetapan rekomendasi impor hortikultura dari menteri, serta tata cara penetapan izin impor produk hortikultura dari menteri.

"Sudah ada pertemuan antara Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan, juga dengan Bea Cukai untuk membahas mengenai hal itu," kata dia.

Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi menjelaskan bahwa penerapan kebijakan tata niaga produk hortikultura pada dasarnya ditujukan untuk memastikan mutu dan keamanan produk hortikultura yang masuk ke pasar dan dikonsumsi masyarakat.

"Kami akan menerapkan analisis risiko. Analisis risiko tidak hanya untuk mengetahui risiko dampaknya ke manusia saja tapi juga ke kelangsungan usaha pertanian. Jangan sampai produk hortikultura yang diimpor membawa jamur atau parasit yang bisa mengganggu pertanian di dalam negeri," kata dia.

Ia menjelaskan bahwa analisis risiko antara lain akan dilakukan melalui verifikasi produk impor untuk memastikan produk tersebut memenuhi persyaratan standar keamanan dan kualitas serta telah melalui prosedur impor yang ditetapkan. (tk/ant)


Google+


Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!




Close