ENERGY INFRASTRUCTURE & TRANSPORTATIONS AGRIBUSINESS INDUSTRIES, TRADE & SERVICES TELECOMMUNICATION SPORT LIFESTYLE HOTEL AUTOMOTIF TOURISM FAMILY BOOK & CINEMA DINING OUT PROFIL COSMOPOLITAN WAWANCARA
ID Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 17 April 2014
Pencarian Arsip
Kunjungi kami di twitter facebook Google+

85 Multifinance Berpredikat Sangat Bagus
Senin, 1 Agustus 2011 | 20:18

JAKARTA - Biro Riset InfoBank mengumumkan sebanyak 85 perusahaan pembiayaan (multifinance) memperoleh predikat "sangat bagus" berdasarkan kajian terhadap 161 multifinance menggunakan tujuh kriteria.

"Biro Riset InfoBank melakukan kajian kinerja keuangan perusahaan pembiayaan yang dikemas dalam Rating 161 Multifinance versi InfoBank 2011," sebut Direktur Biro Riset InfoBank, Eko B Supriyanto dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Sementara itu sebanyak 43 multifinance memperoleh predikat "bagus", 16 multifinace memperoleh predikat "cukup bagus", dan delapan multifinance "tidak bagus", sedangkan sembilan multifinance (walaupun menerbitkan laporan keuangan 2010) tetapi tidak ikut dirating.

Tujuh kriteria yang digunakan adalah pertumbuhan yang meliputi pertumbuhan aset, pembiayaan, modal sendiri, dan laba bersih. Kriteria kedua pembiayaan dibandingkan dengan aset total. Ketiga, pembiayaan dibandingkan dengan kewajiban. Keempat, modal sendiri dibandingkan dengan aset total.

Kelima, solvabilitas yaitu kewajiban dibandingkan dengan aset total dan kewajiban dibandingkan dengan modal sendiri. Keenam, biaya operasional dibandingkan dengan pendapatan operasional. Ketujuh, rentabilitas yaitu return on average assets (ROA) dan return on average equity (RoE).

Biro Riset Infobank membagi multifinance ke dalam tiga kelompok berdasarkan asetnya, agar lebih adil sehingga memperoleh perbandingan yang seimbang. Pembagian kelompok berdasar aset adalah multifinance dengan aset Rp1 triliun ke atas, yang beraset Rp100 miliar hingga di bawah Rp1 triliun, dan yang beraset di bawah Rp100 miliar.

Untuk kelompok multifinance dengan aset di atas Rp1 triliun terdapat 25 pemain yang mencetak predikat sangat bagus. Dari peroleh skor teratas 10 pemain secara berurutan adalah BFI Finance Indonesia, Adira Dinamika Multi Finance, BCA Finance, FIF, Clipan Finance Indonesia, Mandala Multifinance, Multindo Auto Finance, Swadharma Bhaklti Sedayu Finance, Buana Finance, dan Sunprima Nusantara Pembiayaan.

Kelompok perusahaan pembiayaan beraset Rp100 miliar hingga di bawah Rp1 triliun terdapat 47 pemain yang memperoleh predikat sangat bagus. Sepuluh besar dari mereka adalah Batavia Prosperindo Finance, Astra Multi Finance, National Finance, Smart Multi Finance, Beta Inti Multifinance, Resona Indonesia Finance, Trust Finance Indonesia, Mega Auto Finance, Bentara Sinergis Multifinance, dan CIMB Niaga Auto Finance.

Sementara perusahaan dengan aset di bawah Rp100 miliar yang meraih predikat sangat bagus hanya 13 pemain. Sepuluh besar dari mereka adalah Pratama Sedayu Finance, Danareksa Finance, Jaya Fuji Leasing Indonesia, AEON Credit Services Indonesia, Tirta Larastama Dinamika Finance, Murni Upaya Raya Nilai Into Finance, Otomas Multifinance, Fortuna Multifinance, Sumber Artha Mas Finance, dan Reksa Finance.

Sebagian besar perusahaan pembiayaan peraih predikat sangat bagus membukukan pertumbuhan pembiayaan maupun laba di atas rata-rata. Pemain yang portofolio pembiayaan dominan di kendaraan bermotor bahkan mampu mencetak pertumbuhan berlipat ganda.

"Selain permintaan pasar kendaraan yang cukup besar, berputarnya roda bisnis multifinance juga didukung oleh bank-bank yang bersemangat menggandeng perusahaan pembiayaan untuk menggarap pasar pembiayaan otomotif," sebut Eko. (tk/ant)


Google+


Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!




Close