ENERGY INFRASTRUCTURE & TRANSPORTATIONS AGRIBUSINESS INDUSTRIES, TRADE & SERVICES TELECOMMUNICATION SPORT LIFESTYLE HOTEL AUTOMOTIF TOURISM FAMILY BOOK & CINEMA DINING OUT PROFIL COSMOPOLITAN WAWANCARA
ID Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 26 Juli 2014
Pencarian Arsip
Kunjungi kami di twitter facebook Google+

2012-2013 akan Dibangun 13 Hotel di DIY
Jumat, 17 Februari 2012 | 7:49

YOGYAKARTA- Sebanyak 13 hotel baru kategori bintang akan dibangun di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) selama 2012 hingga 2013, kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Yogyakarta, Istidjab M Danunagoro.

"Dari sejumlah hotel yang akan dibangun tersebut meliputi 2.000 kamar. Sedangkan selama 2011 ada penambahan 12 hotel dari bintang lima hingga satu dengan jumlah 890 kamar hotel. Sedangkan hotel kelas melati ada tiga unit dengan 106 kamar," katanya di Yogyakarta, Kamis.

Dengan demikian, kata dia, pertumbuhan hotel bintang dan nonbintang makin tinggi seiring dengan meningkatknya jumlah wisatawan yan berkunjung ke daerah ini.

Sementara itu, di Provinsi DIY hingga 2011 tercatat ada 40 hotel berbintang dengan jumlah 3.800 kamar dan hotel melati 415 dengan jumlah 7.300 kamar.

Menurut dia, tingkat pertumbuhan hotel di daerah ini yang cukup tinggi harus diimbangi dengan pembagian 'kue' wisatawan yang berimbang agar tidak terjadi persaingan yang tidak sehat dan banting harga antarhotel.

"Karenanya, diharapkan pembagian 'kue' dapat merata dan tidak saling berebut dan menimbulkan persaingan tidak sehat saling menjatuhkan.Penambahan kamar hotel mestinya justru menjadi pilihan wisatawan," katanya.

Menurut dia, hotel bintang tiga ke atas di daerah ini dalam menggaet tamu hotel mengandalkan kegiatan MICE (meeting, insentive, convention, exhibition).

"Apalagi, DIY juga menjadi tujuan wisata MICE karena daerah ini dinilai kondusif dan sarana maupun prasarana untuk kegiatan itu sudah memadai," katanya.(ant/hrb)


Google+


Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!