ENERGY INFRASTRUCTURE & TRANSPORTATIONS AGRIBUSINESS INDUSTRIES, TRADE & SERVICES TELECOMMUNICATION SPORT LIFESTYLE HOTEL AUTOMOTIF TOURISM FAMILY BOOK & CINEMA DINING OUT PROFIL COSMOPOLITAN WAWANCARA
ID Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 18 April 2014
Pencarian Arsip
Kunjungi kami di twitter facebook Google+

PLTU Pacitan Beroperasi Februari
Senin, 14 Januari 2013 | 8:04

JAKARTA - Pusat Listrik Tenaga Uap Pacitan dengan kapasitas daya 2x315 MW akan mulai beroperasi secara komersial (commercial of date/COD) pada Februari 2013.

Dirut PLN Nur Pamudji dalam siaran pers di Jakarta, Minggu mengatakan, saat ini, proses pengerjaan PLTU Pacitan, Jatim sudah mencapai 95 persen. "Rencananya, unit 1 akan beroperasi komersial pada Februari 2013 dan unit 2 bulan Maret 2013," ujarnya.

Meski demikian, lanjutnya, secara nonkomersial, sebenarnya PLTU Pacitan sudah beroperasi dan menghasilkan listrik dalam rangka proses pengujian.

Menurut Nur, keberadaan PLTU Pacitan yang termasuk proyek berdaya 10.000 MW tahap pertama akan memperkuat pasokan listrik Jawa-Bali dan mempercepat peningkatan rasio elektrifikasi termasuk di Kabupaten Pacitan.

Saat ini, rasio elektrifikasi di Kabupaten Pacitan masih 65 persen. "Untuk ukuran kelistrikan di Pulau Jawa, rasio elektrifikasi di Kabupaten Pacitan yang sebesar 65 persen termasuk rendah," katanya.

Nur menambahkan, rendahnya rasio elektrifikasi lebih dikarenakan kondisi geografi yang bergunung-gunung, sehingga sulit dijangkau jaringan kelistrikan.

"Namun demikian, kami akan tetap mencari solusi yang terbaik untuk melistriki daerah sulit, sehingga rasio elektrifikasi meningkat," katanya usai mengunjungi sejumlah dusun terpencil di Kabupaten Pacitan, yaitu Ledok Etan, Desa Sidomulyo serta Dusun Wates dan Dusun Gondang Rejo, Desa Ketanggung pada Jumat (11/1). (tk/ant)


Google+


Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!




Close