ENERGY INFRASTRUCTURE & TRANSPORTATIONS AGRIBUSINESS INDUSTRIES, TRADE & SERVICES TELECOMMUNICATION SPORT LIFESTYLE HOTEL AUTOMOTIF TOURISM FAMILY BOOK & CINEMA DINING OUT PROFIL COSMOPOLITAN WAWANCARA
ID Logo
Selamat datang Tamu   |   
Senin, 21 April 2014
Pencarian Arsip
Kunjungi kami di twitter facebook Google+

Kecil Kemungkinan BBM Naik 2013
Selasa, 26 Februari 2013 | 13:11

JAKARTA-Ekonom Senior dari Standard Chartered Bank Fauzi Ichsan menilai bahwa kecil kemungkinan pemerintah akan menaikkan harga BBM bersubsidi pada 2013.

"Kami memprediksi pemerintah tidak akan menaikkan harga BBM," kata Fauzi dalam seminar edukasi keuangan di Jakarta, Selasa (26/2).

Menurut dia, kenaikan harga BBM bersubsidi bukanlah keputusan ekonomi tapi merupakan keputusan politik.

Bila pemerintah akan menaikkan harga BBM bersubsidi, kemungkinan kebijakan tersebut akan dilakukan pada triwulan kedua tahun 2013 dengan peluang 20 hingga 30 persen, ucapnya.

"Kemungkinan triwulan kedua, probabilitasnya kecil sekitar 20 hingga 30 persen," tukasnya.

Setelah bulan Juni, pemerintah diperkirakan tidak akan menaikkan harga BBM karena semakin mendekati pelaksanaan Pemilu.

"Kalau kuartal II 2013 tidak jadi menaikkan harga BBM, maka di kuartal berikutnya akan semakin kecil kemungkinan pemerintah menaikkan harga BBM. Kecil kemungkinan di kuartal I 2013 menaikkan harga BBM juga terjadi, karena di kuartal I ini sudah ada masalah kenaikan UMP, banjir dan semacamnya," tutur Fauzi.

Hal senada juga dikatakan pengamat politik Eep Saifulloh Fatah yang menyatakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak akan membuat kebijakan yang tidak populer seperti menaikkan harga BBM pada saat menjelang pelaksanaan Pemilu.

"Pak SBY akan sulit menaikkan harga BBM, karena SBY tidak akan mebuat kebijakan yang tidak populer menjelang Pemilu," katanya.(ant/hrb)


Google+


Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!




Close