ENERGY INFRASTRUCTURE & TRANSPORTATIONS AGRIBUSINESS INDUSTRIES, TRADE & SERVICES TELECOMMUNICATION SPORT LIFESTYLE HOTEL AUTOMOTIF TOURISM FAMILY BOOK & CINEMA DINING OUT PROFIL COSMOPOLITAN WAWANCARA
ID Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 23 Juli 2014
Pencarian Arsip
Kunjungi kami di twitter facebook Google+

Masyarakat Perlu Kembangkan Sikap Konsumsi Heroik
Senin, 12 Maret 2012 | 22:24

JAKARTA- Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Hery Suhardiyanto MSc mengimbau agar masyarakat mengembangkan sikap heroik dalam mengkonsumsi (heroic consumption) produk terutama produk pertanian.

"Heroic consumption atau konsumsi yang bertujuan untuk menyelamatkan produk lokal di tengah gencarnya terpaan produk impor dapat menyelamatkan petani kita," kata Hery pada jumpa pers peluncuran Agrinex Expo 2012 di Jakarta, Senin.

Untuk mengembangkan sikap tersebut, Hery berpendapat harus ada edukasi konsisten yang dilakukan pada masyarakat. "Menurut saya, masyarakat perlu mendapat edukasi mengenai bagaimana cara agar mereka dapat mengapresiasi produk lokal," Hery menegaskan.

Hery mengatakan, kesadaran mengenai konsumsi berbasis kecintaan terhadap bangsa tersebut harus segera ditanamkan untuk melindungi keberlangsungan pertanian dalam negeri.

Lebih lanjut Hery mengatakan bahwa selama ini ada pendapat yang salah di tengah masyarakat tentang citra pertanian di Indonesia. "Ada misleading mengenai peluang pertanian di masyarakat kita, pertanian identik dengan kemiskinan sehingga citranya cenderung negatif," kata dia.

Selain itu, menurut Henry, masyarakat menilai produk pertanian lokal jauh tertinggal dalam bidang teknologi dibanding produk impor.

"Masyarakat kita ini import-minded, susah, mereka mengira semua yang berbau impor selalu bagus, contohnya adalah pepaya wulung tipe IPB9 yang memanfaatkan teknologi IPB, pepaya itu tidak begitu populer sampai diubah namanya jadi california di singkat kalina," kata dia.

Agrinex Expo 2012 merupakan pameran hortikultura ke-6 yang akan digelar pada 30 Maret hingga 1 April 2012 di JCC, Jakarta.

Agrinex Expo menghadirkan lebih dari 400 peserta dengan menghadirkan berbagai pameran hortikultura menarik antara lain buah-buahan eksotis asli Indonesia yang telah langka, dan bola dunia berbahan rempah berdiameter 2 meter. (ant/gor)


Google+


Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!